Abstract :
Kurangnya variasi media pembelajaran yang mengikuti perkembangan era digital dan dapat mengaktifkan siswa di dalam kelas khususnya pada muatan IPA berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis validitas media pembelajaran game edukasi berbasis website. Pengembangan Media pembelajaran game edukasi berbasis website menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba penelitian ini adalah 1 orang ahli isi pembelajaran, 1 orang ahli desain instruksional, 1 orang ahli media pembelajaran, 3 orang uji coba perorangan dan 9 orang uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menurut subjek penelitian berturut-turut 97,50% (sangat baik), 100% (sangat baik), 100% (sangat baik), 97,50% (sangat baik) dan 96,94% (sangat baik). Maka disimpulkan media pembelajaran game edukasi berbasis website pada muatan IPA materi sistem pencernaan manusia layak untuk digunakan di kelas V SD. Implikasi penelitian ini memberikan media pembelajaran yang dapat digunakan pada era digital yang mampu mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran serta memotivasi siswa untuk belajar sehingga meningkatkan hasil belajar siswa.