DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS TRI HITA KARANA PADA TOPIK SIKLUS AIR KELAS V SD
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Supartayasa, I Ketut Rauh
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2022-05-17 01:15:58 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi prototipe, validitas dan respon siswa terhadap media komik digital berbasis tri hita karana pada topik siklus air kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan Model 4D yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah media komik digital berbasis tri hita karana sedangkan objek dalam penelitian ini yaitu validitas dan respon siswa terhadap media komik digital berbasis tri hita karana pada topik siklus air kelas V SD. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuisioner dan instrumen rating scale berupa lembar penilaian yang melibatkan 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, dan 2 orang praktisi untuk mengetahui validitas media komik digital berbasis tri hita karana. Untuk mengetahui respon siswa terhadap media komik digital berbasis tri hita karana, dilaksanakan uji coba kelompok kecil dengan 12 orang siswa kelas V. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan menghitung persentase skor. Berdasarkan hasil analisis data, persentase skor validitas media komik digital berbasis tri hita karana dari ahli materi sebesar 97,5%, ahli media sebesar 97,5%, dan praktisi/guru sebesar 98%. Secara keseluruhan validitas media komik digital berbasis tri hita karana yaitu sebesar 97,6 % yang berada pada rentangan skor 90-100% dan memperoleh kualifikasi sangat baik. Persentase skor dari respon siswa yaitu sebesar 96,1% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut media komik digital berbasis tri hita karana pada topik siklus air kelas V SD layak untuk digunakan dalam pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha