Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran E-Comic Interaktif berbasis Problem Based Learning pada siswa kelas V, 2) untuk mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran E-Comic Interaktif berbasis Problem Based Learning pada siswa kelas V Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, angket/kuesioner. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa rancang bangun media pembelajaran E-Comic Interaktif berbasis Problem Based Learning tahap awal dilakukan dengan menganalisis kebutuhan karakteristik siswa dan terdapat hasil akhir dari setiap uji validitas tersebut adalah terhadap ahli isi muatan IPA diperoleh pencapaian hasil persentase 90% dengan kualifikasi sangat baik, sesuai pernyataan yang telah disebarkan. Ahli desain pembelajaran memperoleh hasil persentase 94% dengan kualifikasi sangat baik. Ahli media pembelajaran memperoleh hasil persentase 90% dengan kualifikasi sangat baik. Uji coba perorangan secara keseluruhan dicapai sebesar 94,69% dengan kualifikasi sangat baik. Uji coba kelompok kecil secara keseluruhan dicapai sebesar 95,95%Berdasarkan hasil penilaian oleh para ahli dan juga hasil penilaian dari uji perorangan dan uji kelompok kecil, dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan media pembelajaran E-Comic interaktif berbasis Problem Based Learning materi sistem pencernaan manusia muatan IPA ini ?layak? untuk digunakan sebagai media pembelajaran.