Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Paramita, Gusti Ayu Putu Pradnya
Subject
LB1501 Primary Education
Datestamp
2022-05-17 01:24:19
Abstract :
Minimnya ketersediaan media pembelajaran yang sesuai serta mampu meningkatkan minat membaca siswa khususnya pada muatan Bahasa Indonesia berdampak pada menurunnya keterampilan membaca siswa. Tujuan penelitian kali ini adalah menganalisis validitas media buku cerita bergambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 1 orang ahli isi, 1 orang ahli desain, 1 orang ahli media, 3 orang uji perorangan, 9 orang uji kelompok kecil. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan instrumen pengumpulan data rating scale. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil pengujian validitas yang diperoleh berdasarkan penilaian subjek penelitian secara berurut sangat baik (100%), sangat baik (93,75%), sangat baik (95,00%), sangat baik (97,36%), sangat baik (94,30%), dan sangat baik (96,87%). Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan media Buku Cerita layak digunakan pada siswa kelas III SD dan telah teruji mampu meningkatkan keterampilan membaca siswa pada muatan Bahasa Indonesia.