Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Yogi, I Ketut Nandika Dharma
Subject
LB1501 Primary Education
Datestamp
2022-05-17 01:33:16
Abstract :
Penelitian yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif IPA berbasis Guided Inquiry pada materi perubahan wujud benda untuk siswa kelas V SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE sebagai langkah-langkah sistematis dalam proses pengembangan media. Subjek uji coba penelitian adalah ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, guru dan siswa kelas V SD. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner atau angket. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa rancang bangun Media Pembelajaran Interaktif IPA berbasis Gudied Inquiry yang dikembangkan melalui lima tahapan model pengembangan ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi dengan memperoleh hasil uji kelayakan sebagai berikut. (1) hasil penilaian ahli isi pembelajaran memperoleh persentase 100% dengan kualifikasi sangat baik; (2) hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 95,00% dengan kualifikasi sangat baik; (3) hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase 94,11% dengan kualifikasi sangat baik; (4) hasil uji coba perorangan yang dilakukan terhadap tiga orang siswa memperoleh persentase 98,48% dengan kualifikasi sangat baik; (5) hasil uji coba kelompok kecil yang dilakukan oleh sembilan orang siswa memperoleh persentase 96,46% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan uji kelayakan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA berbasis Guided Inquiry layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.