DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Undiksha Angkatan 2018 Dan 2019 Pada Masa Pandemi Covid-19
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Wijaya, I Made Indra Septiawan Wahyu
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2022-05-23 02:54:10 
Abstract :
Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat; (1) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Undiksha angkatan 2018 dan 2019 pada masa pandemi Covid-19, (2) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Undiksha angkatan 2018 dan 2019 pada masa pandemi Covid-19, (3) pengaruh motivasi belajar serta minat belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Undiksha angkatan 2018 dan 2019 pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menetapkan jenis rancangan kausal melalui pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu 187 mahasiswa dengan jumlah sampel 127 responden dengan menerapkan teknik sampel proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dilaksanakan melalui metode kuesioner, dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif data, regresi linear berganda, uji t serta uji F yang di uji melalui SPSS 20 for windows. Hasil penelitian menyatakan bahwa; (1) motivasi belajar berpengaruh positif serta signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Undiksha angkatan 2018 dan 2019 pada masa pandemi Covid-19, yang nilai sig. sejumlah 0,002 < 0,05, H1 diterima, (2) minat belajar berpengaruh positif serta signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Undiksha angkatan 2018 dan 2019 pada masa pandemi Covid-19, yang nilai sig. sejumlah 0,002 < 0,05, H1 diterima, (3) motivasi belajar serta minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Undiksha angkatan 2018 dan 2019 pada masa pandemi Covid-19, yang nilai sig. sejumlah 0,000 < 0,05, H1 diterima. Hasil belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Undiksha angkatan 2018 dan 2019 pada masa pandemi Covid-19 11,9% dipengaruhi oleh motivasi belajar dan minat belajar, dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi sejumlah 0,119. Kata kunci: Motivasi Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha