Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media pembelajaran yang bervariasi dan inovatif khususnya pada pembelajaran IPA berdampak pada minat dan pemahaman siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dari rancang bangun, mengetahui kelayakan media E-Book interaktif serta mengetahui efektivitas media E-Book interatif materi siklus air pada pembelajaran IPA kelas V SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara, kuesioner dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif dan statistik inferensial. Adapun subjek yang terlibat 1 orang ahli isi muatan pelajaran, 1 orang ahli desain instruksional, 1 orang ahli media pembelajaran, 3 orang siswa uji coba perorangan, 9 orang siswa uji coba kelompok kecil dan 15 orang siswa uji coba lapangan. Hasil validitas E-Book interaktif menurut subjek uji coba secara berturut ? turut yaitu 91,67%, 96,87%, 100%, 96,67%, 98,33%, dan 96,33% secara keseluruhan dengan kategori sangat baik dan layak digunakan.Selanjutnya hasil perhitungan uji efektivitas memperoleh thitung sebesar 3,61 dan ttabel sebesar 2,048. Dengan demikian thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa media E-Book interaktif ini efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD pada pembelajaran IPA. Implikasi dari pengembangan E-Book interaktif ini menjadikan siswa dapat belajar secara mandiri, proses yang dialami oleh siswa menjadi lebih bermakna serta mampu menarik minat belajar siswa dalam proses pembelajaran.