Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Dewi, Ni Putu Diah Mahendri
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2022-05-23 00:08:13
Abstract :
Kurang tersedianya bahan ajar seperti Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang sesuai dengan situasi pembelajaran di masa pandemi Covid-19 berdampak pada tidak maksimalnya kegiatan pembelajaran dan pemahaman siswa terhadap materi matematika, serta pemberian umpan balik hasil kerja siswa yang membutuhkan waktu cukup lama. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan mengetahui kelayakan E-LKPD interaktif berbasis etnomatematika jejahitan Bali pada materi bangun datar siswa kelas IV SD Negeri 8 Sanur Denpasar tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation) dengan metode pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara tidak terstruktur, dan angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan berupa (1) rancang bangun produk E-LKPD interaktif berbasis etnomatematika jejahitan Bali pada materi bangun datar kelas IV SD yang meliputi (a) tahap analisis, (b) tahap desain, (c) tahap pengembangan, dan (d) tahap evaluasi, serta (2) E-LKPD interaktif yang dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian uji ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat layak (93,33%), uji ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat layak (91,67%), uji ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat layak (92,3%), hasil coba uji peorangan dengan kualifikasi sangat layak (93,1%), uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat layak (93,3%), dan hasil uji coba kelompok besar dengan kualifikasi layak (89,45%). Sehingga, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD interaktif berbasis etnomatematika jejahitan Bali pada materi bangun datar siswa kelas IV SD Negeri 8 Sanur Denpasar tahun ajaran 2021/2022 layak digunakan pada proses pembelajaran.