Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Dewi, Ni Komang Ari Aprilia
Subject
LB1501 Primary Education
Datestamp
2022-05-23 00:44:53
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses rancang bangun multimedia interaktif ceria pada tema peduli terhadap makhluk hidup Kelas IV SD Negeri 1 Ulakan Karangasem dan (2) mengetahui kelayakan multimedia interaktif ceria pada pada tema peduli terhadap makhluk hidup Kelas IV SD Negeri 1 Ulakan Karangasem. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Pengembangan (Research & Development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE terdapat lima langkah yakni: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementation, (5) Evaluation . Subjek uji coba ini yakni ahli materi pembelajaran 1 orang, ahli desain dan media pembelajaran 1 orang, semua subjek uji coba merupakan dosen PGSD Undiksha. Uji coba perorangan yakni 3 siswa dan kelompok kecil yakni 9 siswa, semua subjek uji coba adalah siswa Kelas IV Sd Negeri 1 Ulakan Karangasem. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif. Multimedia interaktif ceria ini dinyatakan layak berdasarkan hasil uji coba produk meliputi: (a) hasil penilaian ahli isi pembelajaran memperoleh persentase (95,83%) dengan kualifikasi sangat baik, (b) hasil penilaian ahli desain instruksional memperoleh persentase (94,23%) dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase (93,75%) dengan kualifikasi sangat baik dan (d) hasil uji perorangan memperoleh persentase (94,16%) dengan kualifikasi sangat baik dan uji kelompok kecil memperoleh persentase (95,83%) dengan kualifikasi sangat baik. Adapun saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini yakni kepada kepala sekolah, guru, dan peneliti lain supaya hasil penelitian ini bisa dimanfaatkan sebagai cara memberi fasilitas untuk guru pada saat proses pembelajaran dan supaya dapat dijadikan referensi dalam melakukan penelitian yang lebih inovatif.