DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBANTUAN QR CODE PADA TEMA 8 SUBTEMA 3 KELAS II SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Hiranmayena, Ni Putu Candra
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-05-24 01:29:12 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pop-up book pada Tema 8 Subtema 3 kelas II sekolah dasar yang valid dan praktis. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian ADDIE, adapun tahapannya terdiri dari: 1) analyze, 2) design, 3) development, 4) implementation, dan 5) evaluation. Namun, akibat keterbatasan waktu, dan finansial maka pengembangan media pop-up book ini hanya dilakukan hingga tahap analyze, design, dan development. Subjek penelitian ini adalah media pop-up book pada Tema 8 Subtema 3, sedangkan objeknya adalah validitas dan kepraktisan media pop-up book yang dikembangkan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Instrumen yang digunakan mengukur validitas dan kepraktisan media adalah rating scale yang telah teruji oleh judges dan dinilai oleh 6 orang dosen, 2 orang wali kelas II, dan 10 orang siswa kelas II. Data yang telah di dapat kemudian kemudian dianalisis menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validitas media pop-up book. Hasil penelitian memperoleh nilai rata-rata validitas media pop-up book adalah 4,7, rata-rata validasi materi menunjukkan skor 4,9, dan rata-rata hasil analisis kepraktisan sebesar 4,9 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pop-up book yang dikembangkan pada Tema 8 Subtema 3 dinyatakan valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas II sekolah dasar. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha