Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media E-LKPD Interaktif muatan matematika materi simetri lipat dan simetri putar di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan 4-D yang terdiri atas empat tahap, yaitu (1) tahap define (pendefinisian), (2) tahap design (perancangan), (3) tahap development (pengembangan), (4) tahap disseminate (penyebaran). Subjek uji produk penelitian pengembangan ini adalah para ahli, praktisi/guru dan peserta didik, sedangkan objek uji produk dalam pengembangan ini adalah validitas dan kepraktisan E-LKPD Interaktif muatan matematika materi simetri lipat dan simetri putar di sekolah dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode observasi, metode wawancara dan metode kuesioner dengan menggunakan rating scale berupa lembar penilaian berskala lima. Data hasil validasi dari ahli kemudian dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil analisis skor validitas menunjukkan skor validasi ahli materi sebesar 95% dan ahli media diperoleh skor validasi sebesar 96%. Sedangkan hasil analisis kepraktisan dari praktisi (guru) diperoleh skor sebesar 93%, dan hasil analisis respon peserta didik diperoleh skor sebesar 90%. Berdasarkan analisis uji validitas dan kepraktisan tersebut, media E-LKPD Interaktif muatan matematika materi simetri lipat dan simetri putar di sekolah dasar dinyatakan valid dan praktis dengan kualifikasi sangat baik.