DETAIL DOCUMENT
REPRESENTASI PERUBAHAN NASIB DALAM IKLAN GRAB VERSI PERCAYA (Analisis Semiotika Roland Barthes)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Satya Negara Indonesia
Author
Alfiyani, Nur
Subject
Social Sciences (General) 
Datestamp
2022-09-19 07:15:39 
Abstract :
Iklan Inspiratif Grab Versi Percaya ini menggambarkan tentang potret kehidupan masyarakat yang ingin merubah nasibnya menjadilebih baik. Menggambarkan tentang potret kehidupan masyarakat yang sedang mengahadapi kesulitan hidup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Representasi Perubahan Nasib dalam Iklan Grab Versi Percaya. Penulis menggunakan teori konstruksi realitas sosial,untuk menggambarkan perubahan nasib yang ada pada setiap adegan yang ditampilkan pada iklan Grab Versi Percaya. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes melalui tiga tahapan yakni konotasi, denotasi dan mitos. Dengan pendekatan penelitian kualitatif dan paradigma konstruktivisme yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Iklan Grab Versi Percaya dengan menggunakan objek penelitian yaitu adegan-adegan yang menggambarkan perubahan nasib berupa tanda yang ada pada setiap adegannya. Hasil penelitian ini adalah adegan-adegan yang menunjukan adanya unsur gambaran tentang perubahan nasib seperti bekerja keras, berserah diri kepada tuhan, dan terus berusaha yang terdapat pada iklan Grab Versi Percaya. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat karakteristik yang dilakukan dalam melakukan perubahan nasib dengan bekerja keras, berani berjuang bangkit dari keterpurukan, berserah diri kepada sang pencipta, dan terus berusaha melakukan sesuatu. 
Institution Info

Universitas Satya Negara Indonesia