Abstract :
Aplikasi Employee Self Service (ESS) merupakan sistem yang dapat digunakan oleh karyawan PT Dana Purna Investama untuk mengakses informasi dan data diri mereka secara mandiri terkait pekerjaan dan perihal human resource.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektivitas komunikasi interpersonal antara HRD dan karyawan dalam penggunaan aplikasi ESS.
Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Fundamental
Interpersonal Relation Orientation Theory yang menjelaskan bahwa manusia memiliki tiga macam kebutuhan interpersonal. Kemudian, peneliti juga menggunakan Social Information Processing Theory yang menjelaskan bahwa individu mempunyai kemampuan untuk membangun hubungan online dan hubungan ini dapat seintim atau lebih besar dari keintiman yang dapat dicapai dalam hubungan tatap muka.
Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan penyebaran kuesioner ke 185 orang responden.
Hasil penelitian menunjukkan pada perhitungan Uji F dan Uji T diketahui variabel Komunikasi Interpersonal Antara HRD dan Karyawan PT Dana Purna Investama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel Penggunaan Aplikasi Employee Self Service (ESS).
Bagi PT Dana Purna Investama agar meningkatkan kualitas komunikasi interpersonal yang efektif supaya penggunaan aplikasi Employee Self Service (ESS) lebih optimal dan lebih baik lagi dengan selalu menerapkan dimensi komunikasi interpersonal.