Abstract :
Penelitian ini membahas tentang konstruksi kelas sosial yang dilakukan oelh media. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi kelas sosial dalam iklan Meikarta versi ?Aku Ingin Pindah Ke Meikarta? dalam media Youtube.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi realitas media, bagaimana proses media dalam mengkonstruksikan sebuah sudut pandang seseorang dengan melihat dunia realitasnya yang mereka alami secara subjektif.
Penelitian ini menggunakan analisis semiotika John Fiske dengan pendekatan kualitatif, paradigma konstruktivisme. Subjek dalam penelitian ini adalah iklan Meikarta versi ?Aku Ingin Pindah Ke Meikarta? dengan objek penelitian yaitu gambar-gambar pada iklan tersebut yang memberikan tanda adanya unsur kelas social dalam iklan tersebut.
Hasil penelitian menunjukan bahwasannya media mengkonstruksi kelas sosial pada media youtube yang ditujukan melalui scene yang menunjukan unsur kelas sosial menggunakan kode televisi milik John Fiske.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah unsur kelas sosial yang digunakan oleh media untuk mendapatkan keuntungan tanpa memikirkan efek samping dari memakai unsur kelas sosial itu sendiri.