DETAIL DOCUMENT
PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS UMKM KULINER MAKANAN DI KECAMATAN NEGLASARI)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Buddhi Dharma
Author
Rista, Rista
Subject
651.9 Layanan Kantor untuk Perusahaan Tertentu 
Datestamp
2023-01-03 02:01:25 
Abstract :
Keberadaan suatu usaha mikro kecil menengah (UMKM) saat ini yang berhubungan langsung dengan masyarakat dituntut untuk dapat memenuhi dan mengimbangi permintaan para pelanggan akan kebutuhan dasar dengan harga yang terjangkau sehingga dapat memuaskan para pelanggannya. Bahkan ada beberapa faktor lainnya yang mempengaruhi kepuasan pelanggan yaitu dengan adanya kualitas layanan dan kualitas produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada UMKM Kuliner Makanan Di Kecamatan Neglasari. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu pelanggan UMKM Kuliner Makanan di kecamatan Neglasari. Teknik analisis data yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel harga (t-value 3.072), kualitas produk (t-value 5.302) dan kualitas layanan (t-value 3.566) terhadap kepuasan pelanggan > t_(tabel ) yaitu 1,653. Secara simultan juga terdapat pengaruh harga (F_hitung 35,540 ) kualitas produk (F_hitung 27,425 ) dan kualitas layanan (F_hitung 32,562 ) terhadap kepuasan pelanggan F_hitung > nilai F_(tabel ) yaitu 2,66. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan terdapat variabel harga, kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada UMKM Kuliner Makanan Di Kecamatan Neglasari. 
Institution Info

Universitas Buddhi Dharma