Abstract :
Komunikasi menjadi suatu perilaku yang memungkinkan manusia dapat menerima dan memberikan berbagai informasi yang sesuai dengan apa yang manusia itu butuhkan. Komunikasi juga terjadi di dalam suatu organisasi, dalam ilmu komunikasi kita mengenalnya dengan komunikasi organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan komunikasi organisasi dalam meningkatkan kinerja karyawan PT. Triwijaya Abadi Perkasa. Adapun penelitian ini menggunakan Model Komunikasi Berlo atau yang biasa dikenal dengan Model Komunikasi SMCR. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme yang meletakkan pengamatan dan objektivitas dalam menemukan suatu realitas atau ilmu pengetahuan. Pendekatan dan metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian yang dilakukan selama kurang lebih empat bulan ini, menujukan hasil berupa peranan dari komunikasi organisasi yang ada di PT. Triwijaya Abadi Perkasa masih belum baik sehingga kinerja karyawan yang ada pun tidak terlalu maksimal. Hal ini terlihat dari para atasan yang selalu mengulang instruksi atau perintah ke karyawan. Dan juga para atasan dan karyawan masih belum sama-sama berkomunikasi secara transparan. Maka seharusnya, komunikasi organisasi yang ada di PT. Triwijaya Abadi Perkasa perlu ditingkatkan kembali, baik dari sisi atasan maupun dari sisi karyawan. Serta perlu diadakannya evaluasi kinerja karyawan secara berkala, agar memudahkan atasan untuk mengontrol kinerja dari para karyawan.