Abstract :
Suatu organisasi tidak dapat beroperasi dengan baik jika komunikasinya tidak efektif. Komunikasi di dalam suatu organisasi memiliki tingkat kompleksitas yang tinggi, sebab menyampaikan maupun menerima informasi dalam organisasi ialah hal yang rumit. Arus informasi dapat mengalir dari atas ke bawah, juga sebaliknya, dan mengalir diantara anggota organisasi. Penelitian ini mempelajari ?Pola Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada CV. Bintang Makmur?, bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pola Komunikasi Organisasi dan Kinerja Karyawan Pada CV. Bintang Makmur. Teori yang digunakan ialah Pola Komunikasi dan Kinerja Karyawan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, proses pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa CV. Bintang Makmur menggunakan Pola Y dalam proses komunikasinya, dimana setiap informasi yang berjalan melalui tahapan dari tingkat jabatan lebih rendah hingga ke jabatan tertinggi. Lalu, Kinerja Karyawan di CV. Bintang Makmur masih belum maksimal, bukan karena Pola Komunikasinya, tetapi karena karyawannya tidak bisa memanfaatkan fasilitas dan teknologi yang ada, hal ini dikarenakan kurangnya kualitas dari sumber daya manusia yang ada, seperti kurang pengetahuan dan pengalaman.