Institusion
Universitas Buddhi Dharma
Author
SAPUTRA, AGNES DEVITA SARI JAYA
Subject
302.23 Komunikasi Media, Media Massa
Datestamp
2025-03-13 05:39:29
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembicaraan viralnya di media sosial terkait dugaan penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam proses pembuatan iklan Indomie Cerita Rasa Otentik. Munculnya persepsi negatif terhadap penggunaan AI dalam iklan ini mendorong dilakukannya penelitian untuk memahami bagaimana khalayak memaknai visualisasi iklan tersebut. Oleh karena itu, yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini ?bagian iklan manakah yang dipersepsikan oleh khalayak terhadap visualisasi iklan Indomie Cerita Rasa Otentik??. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi khalayak yang menimbulkan response negatif penggunaan AI dalam iklan Indomie Cerita Rasa Otentik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan landasan teori semiotika sosial Kress & van Leeuwen. Data dikumpulkan melalui observasi, pengunduhan, transkripsi, dan tangkapan layar. Hasil penelitian menunjukkan adanya keterkaitan antara response yang diberikan khalayak dengan stimulus visual yang dihadirkan oleh iklan Indomie. Penelitian ini menemukan temuan beberapa temuan bahwa: iklan Indomie Cerita Rasa Otentik memiliki dua visual yang berbeda, yaitu visual realitas dan animasi; iklan memiliki pesan komersial yang jelas; dan terdapat terapan tiga metafungsi bahasa yang baik. Salah satu temuan tersebut yang merangsang response negatif khalayak ternyata adalah visual animasi. Visual animasi yang berbeda menimbulkan kesulitan khalayak dalam menerima isi pesan. Berkaitan hasil analisis dan pembahasan, maka penulis mengajukan saran-saran sebagai berikut: memeriksa kembali iklan sebelum diunggah, mempertimbangkan konsistensi iklan, dan transparansi terhadap feedback yang diberikan khalayak.