Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
SALLYNA, SALLYNA
Rahmatina, Desi
Elvi, Mariyanti
Subject
371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran
Datestamp
2025-02-12 06:50:14
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pembelajaran berdiferensiasi dengan model flipped classroom berbantuan platfom s.id terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bintan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan rancangan one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bintan. Teknik Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Instrumen yang digunakan yaitu instrument utama yang terdiri dari lembar tes dan lembar observasi serta instrument pendukung yang terdiri dari modul ajar, bahan ajar berdiferensiasi, dan lembar soal. Data yang dianalisis menggunakan uji Paired-Sample T-tes. Penelitian ini memberikan dampak positif yang signifikan terhadap hasil belaja siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest dan posttest adalah 43,1 dan 76,2 dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000<0,05. Hasil penelitian ini mendukung hipotesis bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara sebelum dan sesudah pembelajaran berdiferensiasi dengan model flipped classroom berbantuan platform s.id terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bintan. Dengan memberikan fleksibilitas dalam mengatur waktu belajar dan mengakomodasi berbagai gaya belajar melalui platform yang mudah diakses, telah menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan berpusat pada siswa. Sehingga hal ini dapat berdampak positif pada peningkatan hasil belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi dengan model flipped classroom berbantuan platform s.id terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bintan.