DETAIL DOCUMENT
ANALISIS UNSUR INTRINSIK TEKS DRAMA DALAM BUKU KUMPULAN DRAMA REMAJA EDITOR A. RUMADI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS DRAMA DI SMA/MA/SMK KELAS XI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
Cikal, Winie Kateresna
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-07-31 02:12:44 
Abstract :
Bahan ajar merupakan salah satu komponen pembelajaran yang harus diperhatikan oleh guru karena berisi materi-materi yang menjadi acuan peserta didik dalam belajar. Melalui wawancara yang telah dilakukan, diketahui bahwa masalah dalam penelitian ini adalah kesulitan memperoleh bahan ajar berupa naskah drama utuh berdurasi pendek yang cocok untuk pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya naskah drama dalam buku Kumpulan Drama Remaja editor A. Rumadi dijadikan sebagai alternatif bahan ajar teks drama di SMA/MA/SMK Kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, studi pustaka, dokumen, analisis wacana, dan angket. Sumber data penelitian ini adalah empat buah naskah drama dalam buku Kumpulan Drama Remaja editor A. Rumadi yang berjudul ?Tangis? karya P. Hariyanto, ?Tanda Bahaya? dan ?Majalah Dinding? karya Bakdie Soemanto, serta ?Orang Terasing? karya Ajie Sudarmadji Mukhsin. Naskah drama tersebut dikaji dengan menggunakan pendekatan struktural serta menganalisis di antaranya alur, tokoh dan penokohan, dialog, latar, konflik, tema dan amanat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat naskah drama memuat unsur intrinsik yang lengkap. Alur dalam drama yaitu alur maju. Tokoh dan penokohan dalam drama meliputi tokoh protagonis, antagonis, tritagonis dan peran pembantu dengan watak tokoh yang sangat variatif. Dialog dalam drama bersifat komunikatif. Latar dalam drama meliputi latar tempat, waktu dan sosial. Konflik dalam drama meliputi konflik internal dan ekternal serta konflik utama tertentu yang lebih mendominasi. Tema dalam drama merupakan tema tradisional dan non tradisional. Amanat dalam drama disampaikan secara implisit dan eksplisit. Keempat naskah drama sesuai dengan Kurikulum 2013 revisi dan kriteria bahan ajar sastra meliputi bahasa, psikologi dan latar belakang budaya, sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar teks drama di SMA/MA/SMK Kelas XI. 
Institution Info

Universitas Siliwangi