Abstract :
Penelitian ini membuktikan bahwa buku teks biologi yang digunakan oleh
SMA Negeri di Kota Tasikmalaya sudah mengembangkan salah satu tujuan
kurikulum 2013 yaitu menggunakan pendekatan saintifik dengan mengembangkan
aspek KPS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran aspek
keterampilan proses sains pada buku teks biologi kelas XII di SMA Negeri Kota
Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
penelitian analisis isi (conten analysis). Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah purposive sampling dari teknik tersebut didapatkan tiga buku
biologi yang berasal dari tiga penerbit yang berbeda dan banyak digunakan di SMA
Negeri di Kota Tasikmalaya. Hasil penelitian menunjukkan buku A
mengembangkan 100%, buku B mengembangkan 92%, dan buku C
mengembangkan 83% dari seluruh aspek KPS yang diteliti. Dari ketiga buku yang
dianalisis yang paling banyak ditemukan ialah jenis KPS Dasar dengan rata-rata
persentase 83,63% sedangkan pengembangan KPS Terintegrasi hanya sekitar
16,37%. Analisis data yang digunakan ialah uji reliabilitas inter-rater dengan
menghitung koefisien kappa dan menghitung persentase kesepakatan antar
pengamat. Dari ketiga buku teks biologi yang dianalisis menunjukkan buku-buku
tersebut telah memenuhi aspek KPS dengan hasil penilaian kappa dan perhitungan
persentase antar pengamat menyatakan bahwa hasil pengkategorian dapat diterima
(buku A = 0,951/98%, buku B = 0,954/99%, dan buku C 0,974/97%). Sehingga
dapat ditarik kesimpulan bahwa ketiga buku teks biologi yang dianalisis telah sesuai
dalam mengembangkan keterampilan proses sains, meskipun frekuensi
pengembangannya belum merata pada seluruh aspek KPS (lebih banyak
mengembangkan keterampilan proses dasar).
Kata kunci: Analisis, Buku Teks Biologi, Keterampilan Proses Sains