Abstract :
Kompetensi andragogi instruktur sangat penting dimiliki oleh instruktur
karena dapat meningkatkan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
menggambarkan dan mendeskripsikan tentang kompetensi andragogi instruktur di
Balai Latihan Kerja Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian dilakukan di Balai
Latihan Kerja Kabupaten Tasikmalaya dengan populasi berjumlah 32 orang
peserta pelatihan, kemudian teknik sampling pada penelitian ini menggunakan
teknik sampling jenuh. Teknik penelitian dalam pengumpulan data yaitu
menggunakan dengan angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah statistic deskriptif, yaitu ketika mendapatkan data
langsung di olah dan selanjutnya dilakukan analisis secara benar supaya dapat
ditarik suatu kesimpulan yang berasal dari jawaban yang tepat atas permasalahan
yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil
perhitungan dapat disimpulkan terkait tingkat kompetensi andragogi instruktur di
Balai Latihan Kerja Kabupaten Tasikmalaya secara keseluruhan sebesar 63,11%.
Artinya bahwa secara keseluruhan instruktur di Balai Latihan Kerja Kabupaten
Tasikmalaya masuk dalam kategori kompeten terhadap pembelajaran orang
dewasa sehingga instruktur memiliki kecakapan dalam memahami kebutuhan
pengetahuan, konsep diri, kesiapan belajar, pengalaman, orientasi belajar dan
memahami motivasi peserta pelatihan.
Kata kunci : Balai Latihan Kerja, Kompetensi Andragogi, Instruktur