Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa siswa memiliki tingkat
kemampuan kognitif yang rendah serta membutuhkan suatu model pembelajaran
berbantuan media pembelajaran mobile learning terkhusus pada materi
pengukuran, sehingga siswa dapat memenuhi aspek kognitif dengan baik. Upaya
yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan model Discovery
Learning berbantuan media Smart Apps Creator. Tujuan dari penelitian ini yaitu
untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning berbantuan Smart Apps
Creator menggunakan mobile learning terhadap kemampuan kognitif siswa pada
materi pengukuran. Penelitian ini dilakukan di kelas X MIPA SMA Negeri 2
Ciamis. Populasi penelitian berjumlah 252 siswa dan sampelnya adalah 1 kelas
eksperimen dengan jumlah 36 siswa dan 1 kelas kontrol dengan jumlah 36 siswa.
Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Metode
penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan design penelitian
Posttest-Only control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan
instrumen tes. Tes yang dilakukan berupa soal posttest sebanyak 14 soal two tier
multiple choice berdasarkan indikator C1-C3. Setelah melakukan uji hipotesis
menggunakan uji t pada taraf signifikansi membuktikan bahwa
setelah diterapkannya model Discovery Learning diperoleh maka
ditolak. Dapat disimpulkan pada taraf kerpercayaan 99,5% ada pengaruh
model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan kognitif siswa
pada materi pengukuran di kelas 10 SMA Negeri 2 Ciamis tahun ajaran
2023/2024.
Kata kunci: discovery learning, kemampuan kognitif, pengukuran, smart apps
creator