Institusion
STIE Indonesia Banking School
Author
Wiraputra, Muhammad Febri
Subject
HD28 Management. Industrial Management
Datestamp
2025-01-30 02:29:43
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keamanan, promosi, kemudahan
penggunaan, dan minat beli terhadap keputusan pembelian dalam aplikasi M-Tix. Data
dikumpulkan dari responden melalui kuesioner yang tersebar di wilayah Jabodetabek
selama bulan Juli 2024. Analisis menggunakan Partial Least Square-Structural
Equation Modeling (PLS-SEM) dengan perhitungan PLS-Algorithm dan
Bootstrapping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi dan keamanan
penggunaan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli, yang secara tidak
langsung memengaruhi keputusan membeli. Kemudian Kemudahan dan Keamanan
penggunaan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan membeli secara
langsung. Namun, kemudahan tidak berdampak terhadap minat beli dan promosi tidak
berdampak terhadap keputusan membeli. Temuan ini memberikan implikasi manajerial
penting bagi perusahaan M-Tix dalam meningkatkan strategi pemasaran dan
kenyamanan menggunakan aplikasi untuk meningkatkan minat beli dan keputusan
pembelian konsumen.