DETAIL DOCUMENT
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Investment Intention Gen Z Pada Platform Peer To Peer Lending (Studi Di Wilayah Jabodebek)
Total View This Week0
Institusion
STIE Indonesia Banking School
Author
Ariawan, Tiara Desya
Subject
HD28 Management. Industrial Management 
Datestamp
2025-01-30 07:52:43 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi generasi z di wilayah Jabodebek dalam berinvestasi melalui peer to peer (P2P) lending. Variabel yang diuji terdiri dari lima variabel independen yaitu Perceived Usefulness, Perceived Ease of Used, Perceived Risk, Perceived Knowledge, Perceived Trust dan satu variabel intervening yaitu Attitude Toward Behaviour terhadap variabel dependen yaitu Investment Intention pada Platform Peer to Peer Lending. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 115 orang yang pernah berinvestasi di peer-to-peer lending. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SEM PLS yang diolah menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perceived Usefulness (PU), Perceived Trust (PT), dan Perceive Knowledge (PK) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Attitude Toward Behaviour, kemudian Perceived Risk berpengaruh negatif signifikan terhadap Attitude Toward Behaviour. Lalu Attiitude Toward Behaviour dan Perceived Usefulness (PU) juga berpengaruh positif signifikan terhadap Investment Intention. Sedangkan Perceived Ease of Use (PE) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Attitude Toward Behaviour dan Investment Intention. 
Institution Info

STIE Indonesia Banking School