Abstract :
Saat ini, pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi semakin berkembang pesat sehingga menyebabkan perubahan dalam berbagai aspek seperti sosial, ekonomi hingga politik. Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis peran E-service Quality yang didalamnya terdapat variable; website design, reliablity, dan perceived ease of use terhadap customer e-retention di mana adanya variabel customer e-trust dalam memediasi pengaruh website design, reliability, perceived ease of use terhadap customer e-retention pada e-commerce. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 120 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data dianalisis menggunakan metode Structural Equation Model (SEM). Hasil dari penelitian ini adalah: (1a) Website design berpengaruh tidak positif terhadap customer e-retention dalam online shopping, (1b) Website design berpengaruh positif terhadap customer e-trust dalam online shopping, (2a) Reliability berpengaruh tidak positif terhadap customer e-retention dalam online shopping, (2b) Reliability berpengaruh tidak positif terhadap customer e-trust dalam online shopping, (3a) Perceived ease of use berpengaruh tidak positif terhadap customer e-retention dalam online shopping, (3b) Perceived ease of use berpengaruh positif terhadap customer e-trust dalam online shopping, (4) Customer e-trust berpengaruh positif terhadap customer e-retention, (5a) Website design berpengaruh tidak positif terhadap customer e-retention yang dimediasi oleh customer e-trust. , (5b) : Reliability berpengaruh tidak positif terhadap customer e-retention yang dimediasi oleh customer e-trust. , (5c) Perceived ease of use tidak berpengaruh terhadap customer e-retention yang dimediasi oleh customer e-trust.