Abstract :
Di era globalisasi, berbagai tantangan kompleks muncul dan membutuhkan solusi.
Salah satu solusinya adalah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia
yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk keterampilan dan kompetensi.
Fresh graduate yang tidak hanya kurang beruntung tetapi juga menghadapi
tantangan dalam mencari pekerjaan sering dianggap sebagai fresh graduate. Di
Indonesia, konsep fresh graduate sangat kompleks dan multidimensi, dengan
banyak lulusan yang menempuh pendidikan tinggi dan beradaptasi dengan
lingkungan kerja baru. Keberhasilan fresh graduate tergantung pada berbagai
faktor, termasuk kualitas pendidikan dan kualitas lingkungan belajar. Pencapaian
keberhasilan akademik dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kualitas
pendidikan dan kualitas lingkungan belajar. Faktor eksternal, seperti masyarakat,
dan kehidupan akademik, memainkan peran penting dalam memberikan dukungan
yang memadai danmembuat siswa merasa dihargai. Faktor internal, seperti kualitas
kegiatan pembelajaran, juga berperan penting dalam menentukan keberhasilan
fresh graduate. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah data
primer menggunakan metode survei dengan kuesioner untuk mengumpulkan data
secara langsung dari responden dan data sekunder merupakan informasi yang telah
dikumpulkan dan diolah oleh pihak lain dan dapat diperoleh dari berbagai sumber
seperti buku, internet, dan jurnal ilmiah yang relevan dengan topik penelitian.
Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakanmetode PLS atau Partial Least
Square dengan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Motivasi Belajar Ekstrinsik tidak berpengaruh terhadap Prestasi Akademik,
Perilaku Belajar berpengaruh positif terhadap Prestasi Akademik, dan Lingkungan
Belajar berpengaruh positif terhadap Prestasi Akademik.