Institusion
STIE Indonesia Banking School
Author
Prayoga, Attaiya Surya Sukma
Subject
HD28 Management. Industrial Management
Datestamp
2025-02-13 08:48:59
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh positif kepercayaan
dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Fujifilm di Jakarta.
Penelitian ini akan dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 110
responden konsumen pengguna kamera Fujifilm. Teknik analisis yang akan
digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dengan metode analisa jalur (path
analysis). Hasil penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh positif yang
signifikan dari trust terhadap customer loyalty dan ada pengaruh positif yang
signifikan dari customer satisfaction terhadap customer loyalty.
Implikasi managerial yang dapat disarankan kepada fujifilm pada
peneilitan ini terbatas kepada varible yang digunakan yaitu Trust, kepercayaan
konsumen kepada produk kamera mirrorless Fujifim sangat tinggi, sehingga
Fujifilm hanya perlu terus menjaga kepercayaan konsumen tersebut dengan baik.
Selanjutnya pada variable Customer Satisfaction, kepuasan pengguna kamera
Fujifillm Morrorless secara keseluruhan kurang baik, sehingga diperlukan startegi
seperti peningkatan literasi dan edukasi secara menyeluruh terhadap pengguna
kamera mirrorless Fujifilm melalui event yang dilakukan secara berkala. Pada
variable Customer Loyalty, loyalitas pengguna kamera mirrorles Fujifilm sangat
baik dilihat dari sisi harga dan kualitas yang dimili, sehingga Fujifilm diharapkan
untuk terus menjaga loyalitas pengguna kamera mirrorless Fujifim dengan terus
meningkatkan pelayanan serta kualitas yang dimiliki kamera mirrorless Fujifilm.