Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh leverage, profitabilitas,
likuiditas, ukuran perusahaan, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan
selama periode pandemi COVID-19. Sampel penelitian ini terdiri dari 10
perusahaan sektor informasi dan komunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia
pada periode 2020-2022, yang dipilih dengan metode purposive sampling. Data
yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan
tahunan perusahaan-perusahaan tersebut. Metode analisis yang diterapkan dalam
penelitian ini adalah regresi data panel untuk mengidentifikasi hubungan variabel
leverage (Debt Ratio/DR), profitabilitas (Return on Assets/ROA), likuiditas
(Current Ratio/CR), ukuran perusahaan (LnSIZE), dan kebijakan dividen
(Dividend Payout Ratio/DPR) terhadap nilai perusahaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa DR tidak berpengaruh positif terhadap nilai
perusahaan, sementara CR dan DPR juga tidak memiliki pengaruh signifikan.
Sebaliknya, ROA dan LnSIZE terbukti berpengaruh positif terhadap nilai
perusahaan. Temuan ini memberikan implikasi bahwa perusahaan perlu meninjau
kembali struktur pendanaan dan kebijakan keuangan yang tidak memberikan
dampak signifikan terhadap nilai perusahaan, terutama dalam menghadapi
ketidakpastian yang disebabkan oleh pandemi COVID-19.