DETAIL DOCUMENT
Faktor Pengaruh Keputusan Pembelian Pada Tiktok Shop Menggunakan Aida Model Studi : Generasi Z
Total View This Week0
Institusion
STIE Indonesia Banking School
Author
Septiana, Restin
Subject
Prodi S2 Magister Manajemen 
Datestamp
2025-02-19 08:30:12 
Abstract :
Penelitian ini merupakan replikasi atas model extended live streaming effects yang telah diuji pada penelitian terdahulu. Penelitian ini menguji kembali faktor pengaruh keputusan pembelian menggunakan tahapan Attention, Interest, Desire, dan Action (AIDA) Model terhadap keputusan pembelian dengan peran dari characteristics of live streaming (informativity, entertainment, interactivity), immersion, product interest, live streaming interest, buying desire, immediate buying behavior, dan continuous watching intention. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pada konteks platform e-commerce dengan pengguna generasi Z yang lebih fokus dibandingkan penelitian terdahulu. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode survei online, estimasi model pengukuran dan struktural untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan pendekatan PLS SEM. Hasil analisis model struktural mengindikasikan hasil tidak didukung data antara informativity terhadap immersion, sedangkan interactivity terhadap immersion, entertainment terhadap immersion, immersion terhadap product interest, immersion terhadap live streaming interest, product interest terhadap buying desire, live streaming interest terhadap buying desire, buying desire terhadap immediate buying behavior, product interest terhadap continuous watching intention, dan live streaming interest terhadap continuous watching intention mengindikasikan adanya pengaruh positif. Penelitian ini juga berfokus pada pengguna yang sudah pernah melakukan pembelian online sebagai akibat dari menonton konten live streaming. 
Institution Info

STIE Indonesia Banking School