Abstract :
Penelitian ini merupakan replikasi atas model extended live streaming effects yang
telah diuji pada penelitian terdahulu. Penelitian ini menguji kembali faktor pengaruh
keputusan pembelian menggunakan tahapan Attention, Interest, Desire, dan Action
(AIDA) Model terhadap keputusan pembelian dengan peran dari characteristics of
live streaming (informativity, entertainment, interactivity), immersion, product
interest, live streaming interest, buying desire, immediate buying behavior, dan
continuous watching intention. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pada konteks
platform e-commerce dengan pengguna generasi Z yang lebih fokus dibandingkan
penelitian terdahulu. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode survei online,
estimasi model pengukuran dan struktural untuk pengujian hipotesis dilakukan
dengan pendekatan PLS SEM. Hasil analisis model struktural mengindikasikan hasil
tidak didukung data antara informativity terhadap immersion, sedangkan
interactivity terhadap immersion, entertainment terhadap immersion, immersion
terhadap product interest, immersion terhadap live streaming interest, product
interest terhadap buying desire, live streaming interest terhadap buying desire,
buying desire terhadap immediate buying behavior, product interest terhadap
continuous watching intention, dan live streaming interest terhadap continuous
watching intention mengindikasikan adanya pengaruh positif. Penelitian ini juga
berfokus pada pengguna yang sudah pernah melakukan pembelian online sebagai
akibat dari menonton konten live streaming.