Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pandemi Covid-19, (2)
mendeskripsikan pendidikan dan perkembangan karakter kaum remaja, (3)
mengungkapkan pengaruh pembelajaran daring selama pandemi Covid-19
terhadap pendidikan dan perkembangan karakter kaum remaja, dan (4) menjelaskan
bagaimana para pelaku pendidikan memaknai tantangan dan peluang dari
pembelajaran daring.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek
yang diteliti adalah pengaruh pembelajaran daring selama pandemi Covid-19
terhadap pendidikan dan perkembangan karakter kaum remaja. Sumber data dalam
penelitian ini diperoleh dari buku-buku, jurnal, majalah, internet, dan penelitianpenelitian
terdahulu yang berkaitan dengan pengaruh pembelajaran daring selama
pandemi Covid-19 terhadap pendidikan dan perkembangan karakter kaum remaja
pada umumnya.
Pandemi Covid-19 merupakan sebuah wabah penyakit yang hingga saat ini
masih menjadi persoalan serius baik di kalangan para peneliti kesehatan, kaum
akademik, maupun masyarakat awam. Hal ini tentunya dilatarbelakangi oleh situasi
dan kondisi pascacovid-19 yang menyebar sekaligus mempengaruhi seluruh aspek
kehidupan manusia, tidak terkecuali aspek pendidikan. Pembelajaran secara daring
merupakan sebuah pilihan sekaligus kebijakan yang diberikan oleh pemerintah
untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Dalam hal ini pembelajaran secara
daring menjadi satu-satunya pilihan terbaik yang diberikan oleh pemerintah kepada
lembaga pendidikan.
Pembelajaran daring ini membawa pengaruh terhadap perkembangan
karakter kaum remaja, dalam beberapa aspek, seperti dijelaskan pada bab keempat
skripsi ini. Bagi penulis, pengaruh-pengaruh itu adalah tantangan sekaligus peluang
bagi perkembangan karakter kaum remaja sejauh para pelaku pendidikan memaknai
secara serius dan kreatif proses pembelajaran daring kedepannya. Dan karena itu
penulis juga menyoroti pentingnya sikap-sikap seperti kerja sama yang harus dibina
dan diperketat antara sekolah, keluarga dan masyarakat luas dalam pembentukkan
karakter kaum remaja di tengah pandemi. Berbagai kendala ditemukan kaum
remaja seperti proses belajar yang diharuskan secara daring, keterbatasan interaksi
sosial dengan teman sebaya maupun berbagai kegiatan outdoor yang harus
dikurangi demi mengurangi potensi penyebaran virus yang semakin luas. Hasil dari
penelitian ini, menunjukkan dampak pembelajaran daring selama pandemi Covid-
19 terhadap perkembangan karakter kaum remaja yang merupakan salah satu aspek
penting bagi setiap kaum remaja untuk menentukan kesuksesan (kaum remaja) di
masa depan.