Institusion
INSTITUT FILSAFAT DAN TEKNOLOGI KREATIF LEDALERO
Author
TENAWAHANG, Philipus Seng
Subject
158 Psikologi terapan
Datestamp
2023-07-24 04:40:49
Abstract :
Penulisan karya ilmiah ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan teori belajar Behavioristik
Operant Conditioning Skinner, (2) mendeskripsikan standar kompetensi guru terkini dan (3)
menggali relevansi teori belajar behavioristic Operant Conditioning Skinner terhadap penerapan
kompetensi guru dalam pembelajaran. Metode penulisan yang digunakan dalam penulisan karya
ilmiah ini adalah kajian dan analisis kepustakaan. Penulis mendalami karya-karya primer dan
sekunder tentang teori belajar behavioristik Operant Conditioning Skinner. Penulis juga
mendalami kompetensi guru secara khusus penerapannya dalam pembelajaran. Kedua hasil
analisis kepustakaan ini kemudian digali secara kritis relevansi teori Behavioristic Operant
Conditioning Skinner terhadap penerapan kompetensi guru dalam pembelajaran.
Behavioristik merupakan suatu aliran pendidikan kuno dari sejarah perkembangan teoriteori
pendidikan yang di dalamnya terdapat banyak teoretikus pendidikan yang meletakkan model
belajar tingkah laku dengan penekanan-penekanannya yang khas. Behavioristik memfokuskan
pemahaman pada perubahan perilaku yang diamati, diukur, dan dinilai secara konkret. Salah satu
teoretikus behavioristik yang sangat berpengaruh adalah Skinner yang terkenal dengan teori
belajarnya yang disebut dengan Operant Conditioning yakni pengondisian operan dalam
pembelajaran asosiasi yang dapat mengakibatkan perilaku individu. Berkenaan dengan ini,
pendekatan behavior penting bagi guru dalam menuntun peserta didik sebab guru harus mampu
memahami perubahan perilaku peserta didiknya dalam pembelajaran, yang bagi Skinner
perubahan perilaku peserta didik merupakan kondisi yang dapat menggambarkan pencapaian
pembelajaran. Profesionalitas guru dalam pembelajaran sangatlah ditekankan, dan
profesionalitas guru berlandaskan pada kompetensi-kompetensi guru.