Abstract :
Keberadaan restoran maupun pusat kuliner di Kota Gresik kini semakin
berkembang pesat. Perkembangan restoran maupun pusat kuliner dapat
menimbulkan persaingan bisnis. Sejalan dengan hal tersebut, para pemilik restoran
maupun pusat kuliner berlomba-lomba menarik perhatian konsumen dengan
berbagai cara, antara lain mengedepankan kelezatan dan kekhasan hidangan,
memberikan pelayanan terbaik dan fasilitas yang menarik. Perancangan Interior
Restoran Freshganic di Kota Gresik merupakan sebuah perancangan tempat yang
menjual hidangan dan bahan pangan organik. Kata Freshganic merupakan
penggabungan dari dua kata yaitu fresh dan organic. Fresh yang berarti segar.
Sedangkan organic adalah istilah pelabelan yang menyatakan bahwa suatu produk
telah diproduksi sesuai dengan standar produksi organik tanpa bahan kimia dan
disertifikasi oleh otoritas atau lembaga sertifikasi resmi. Perancangan ini
disuguhkan dengan upaya memberi alternatif makanan sehat yang kaya nutrisi.
Restoran Freshganic terdapat fasilitas yang menjual bahan-bahan organik pada area
penjualan bahan pangan organik yang masih satu bangunan dengan restoran.
Restoran Freshganic mengusung konsep lokal kontemporer. Kata lokal
diimplementasikan pada perancangan restoran dengan merepresentasikan lokalitas
Kota Gresik. Hal ini sebagai wujud apresiasi terhadap lokalitas Kota Gresik untuk
diperkenalkan kepada masyarakat dalam dan luar Kota Gresik. Sementara kata
kontemporer merujuk pada sebuah desain yang lebih interaktif, inovatif, dan
modern. Oleh karena itu, Perancangan Interior Restoran Freshganic di Kota Gresik
dinilai penting guna memberikan inovasi kuliner di Kota Gresik.
Kata kunci: Interior, Restoran, Freshganic, Lokal Kontemporer.