Abstract :
Pendidikan seni merupakan salah satu sarana pembelajaran yang
digunakan untuk mengasah ketrampilan, mengembangkan potensi serta
menumbuhkan kreativitas pada diri setiap individu. Pentingnya pendidikan seni
rupa menjadikan banyak bermunculan berbagai lembaga pendidikan seni baik
formal maupun non formal seperti institute dan sanggarseni. Salah satukotayang
memiliki minat seni tinggi dan kebudayaan yang beraneka ragam adalah kota
Surakarta. Melihat berbagai kebudayaan dan kesenian yang berkembang di
tengah-tengah masyarakat, kota Surakarta sangat mendukung untuk sebuah
perancangan interior School Of Visual Arts.
Perancangan interior School Of Visual Arts di Surakarta merupakan
lembaga pendidikan seni rupa non formal. Perancangan ini bertujuan untuk
mengembangkan kreatifitas anak dan memfasilitasi kegiatan pendidikan seni rupa
untuk anak sekolah dasar sampai sekolah menengah atas serta masyarakat remaja
yang ingin belajar senirupa. Tempat ini juga memfasilitasi kegiatan komunitas
seni rupa yang ingin mengadakan pameran, workshop dan seminar dengan
berbagai fasilitas seperti ruang lukis kaca, lukis kanvas, lukis wayang beber,
membatik dan lukis kulit sebagai fasilitas utama selain itu terdapat fasilitas
penunjang ruang yang meliputi galeri, perpustakaan, café dan ruang diskusi.
Perancangan School Of Visual Arts akan menggunakan tema fun dengan
warna colorful serta penggunaan peralatan seni rupa yang diterapkan pada
interiornya, sedangkan gaya yang digunakan yaitu gaya kontemporer. Gaya
kontemporer yang fleksibel dan uptodate akan membuat ruangan serasa lebih
dinamis dan sesuai dengan tema fun yang diterapkan.
Kata Kunci : Perancangan, School Of Visual Arts, Kontemporer