Abstract :
Penelitian melakukan Analisa hambatan total pada variasi jenis lambung Shape (V), Hardchine, dan Round (U) untuk mendapatkan perbedaan hambatan yang terjadi di masing-masing variasi jenis lambung. Perbandingan variasi jenis
lambung Shape (V), Hardchine dan Round (U) pada katamaran flat side outside dengan acuan displacement tetap dan jarak demihull yang sama, sangat mempengaruhi adanya perbedaan hambatan pada masing-masing variasi jenis
lambung. Analisa hambatan menggunakan metode Computatuional Fluid Dynamics (CFD) dengan kondisi Steady state dan tingkat batas convergence 10-4
simulasi dilakukan dengan variasi kecepatan jenis lambung Shape (V), Hardchine dan Round (U) Fr = 0.29, 0.34, 0.39, 0.44, 0.49. Hasil menunjukkan bahwa selisih
terbesar hambatan terjadi dari ketiga variasi jenis lambung terjadi pada Froude number 0.39. Yang menampilkan hasil hambatan pada jenis lambung Hardchine
sebesar 189.80 kN, lebih kecil dibandingkan dengan hambatan pada jenis lambung Shape (V) sebesar 260.01 kNdan Round (U) sebesar 226.67 kN. Perbedaan
hambatan juga dapat dilihat pada kontur CFD yang menampilkan kecepatan aliran diantara kedua lambung katamaran, terlihat untuk katamaran flat side outside
variasi jenis lambung Hardchine relative lebih kecil dibandingkan dengan jenis lambung Shape (V) dan Round (U). dari hasil simulasi didapat kesimpulan bahwa
katamaran flat side outside variasi jenis lambung Hardchine memiliki nilai hambatan lebih rendah dibanding katamaran flat side outside variasi jenis lambung
Shape (V) dan Round (U).