DETAIL DOCUMENT
PERANCANGAN FLOATING DOCK UNTUK KAPAL TANKER 30.000 DWT
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Kalimantan
Author
Sari, Yunita
Subject
V Naval Science (General) 
Datestamp
2021-08-02 08:58:06 
Abstract :
Floating dock merupakan salah satu jenis dock yang digunakan untuk pengedokan kapal dengan cara menggelamkan dan mengapungkan dalam arah vertical. Prinsip kerja yang digunakan oleh floating dock adalah Hukum Archimedes. PT. Dok Perkapalan Kaltim memiliki floating dock dengan kapasitas 2800 TLC (Ton Lifting Capacity), dengan kapasitasnya yang kecil membuat perusahaan tersebut tidak mampu mengakomodir kapal-kapal berkapasitas besar yang ingin melakukan perbaikan kapal. Tujuan dari penelitian ini merancang floating dock untuk kapal tanker 30.000 DWT dengan menggunakan software Maxsurf dan AutoCad. Berdasarkan metode perbandingan data ukuran beberapa kapal tanker maka ditemukan ukuran utama floating dock yang dapat menampung kebutuhan repasi kapal yaitu LOA:186 m, Bmax: 44,4 m, Bmd: 36 m, Hpontoon: 2 m, Tpontoon: 1,3 m, Bsw : 4,2 m, Hsw : 20,3 m, dan Tsw: 2,5 m. Jumlah tanki yang di rancang 10 water ballast tank starboard dan 10 water ballast tank portside serta tanki bagian side wall adalah 10 side wall tank starboard dan 10 side wall tank portside. Berdasarkan perhitungan di dapatkan juga Ton Lifting Capacity (TLC) sebesar 5.408 ton. Kapasitas pompa pada floating dock ini adalah sebesar 4 x 330,9005 m3/jam, sedangkan untuk daya pompa 4 x 27,9125 kW, dengan pompa yang direncanakan 4 unit pompa utama dan 2 unit pompa cadangan. Satu pompa dapat mengisi 2 tanki dalam waktu 4 jam dan ukuran pipa yang digunakan berdiamet 400 mm Kata kunci : Floating dock, Desain, Lay-Out pipa 
Institution Info

Institut Teknologi Kalimantan