Abstract :
Jalan Ahmad Yani Kota Balikpapan merupakan salah satu jalan dengan fungsi arteri
sekunder dan banyak kendaraan parkir di badan jalan yang mendominasi di jalan
tersebut. Berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah, jalan Ahmad Yani berada di
kawasan perdagangan jasa dan perkantoran swasta dan memiliki sistem parkir off
street. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan skenario penataan parkir off street
di koridor Jalan Ahmad Yani. Pembahasan penelitian terdiri dari analisis karakteristik
parkir, analisis kebutuhan parkir dan ketersediaan parkir dan merumuskan skenario
penataan parkir off street. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif,
dimana setiap hasil analisis berupa angka akan diinterpretasikan secara deskriptif.
Proses pengambilan data dilakukan dengan metode survey pengamatan parkir pada hari
kerja dan hari libur dengan durasi survey selama 11 jam. Adapun hasil dari analisis
karakteristik parkir adalah volume parkir mobil terbesar berada di segmen 1 dengan
537 kendaraan dan volume parkir motor terbesar berada di segmen 4 sebanyak 372
kendaraan. Rata-rata durasi parkir kendaraan mencapai 1 jam. Tingkat pergantian
parkir tertinggi terjadi pada hari kerja di segmen 3 dengan nilai 0,50 kend/petak/jam.
Indeks parkir tertinggi terdapat di segmen 3 dengan nilai 0,81 kend/srp, angka ini
mendekati 1 yang artinya fasilitas parkir tidak bermasalah namun perlu dilakukan
penataan agar tidak terjadi permasalahan parkir. Kebutuhan parkir tertinggi terdapat di
segmen 4 yaitu 68 SRP dan hasil ketersediaan parkir menunjukkan bahwa jenis
kegiatan di masing-masing segmen masih bisa menampung kebutuhan parkir. Skenario
1 yang digunakan dalam penelitian ini yaitu memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan
parkir terpusat, skenario ini bisa diterapkan di segmen 1, 2 dan 3 sedangkan skenario 2
adalah memanfaatkan ruang parkir yang telah tersedia, bisa diterapkan disemua
segmen jalan karena jumlah ketersediaan ruang parkir lebih besar. Skenario 3
merupakan gabungan dari skenario 1 dan 2 dan dapat diterapkan di segmen 1 dan 3.
Dengan adanya skenario ini diharapkan dapat mengurangi kendaraan yang parkir di badan jalan dan meningkatkan tingkat pelayanan jalan.