Institusion
Institut Teknologi Kalimantan
Author
Maydiningrum, Amrina Rosyada
Subject
V Naval Science (General)
Datestamp
2021-08-02 06:10:05
Abstract :
Kapal ikan tradisional di Indonesia memiliki beragam bentuk lambung kapal sesuai dengan
perairan daerah tersebut. Pembangunan kapal ikan tradisional dilakukan dengan acuan turun
temurun menggunakan metode Hand Lay-Up. Di Era perkembangan teknologi, adanya inovasi
dalam desain dan pembangunan kapal dengan bentuk lambung pelat datar menjadikan ini sebagai
solusi dari segi efesiensi dan produktivitas kapal ±40% dibandingkan dengan pembangunan
kapal ikan tradisional yang memiliki bentuk lambung konvensional. Selain sebagai solusi
dari segi produksi, dalam teknis pembuatan desain lambung kapal ini memiliki pengaruh
dari segi performa kapal. Maka dari itu perlu dilakukan analisis performa kapal untuk
mengetahui pengaruh performa kapal terhadap perubahan bentuk lambung kapal. Pada
penelitian ini, penulis mencoba untuk membuat variasi bentuk lambung kapal pelat datar
yang mengacu pada kapal angkut ikan 300 GT sebagai desain aslinya. Kemudian akan
dibandingkan nilai performa kapal yang meliputi stabilitas, hambatan, dan olah gerak kapal
serta kapasitas ruang muat. Untuk perhitungan analisis hambatan kapal menggunakan
Maxsurf Resistance Software dengan metode Holtrop. Dari hasil perbandingan analisis
hambatan kapal mengalami penurunan setelah dimodifikasi yakni 42,6 kN menjadi 34,9
kN pada kecepatan dinas 9 knot. Untuk perhitungan analisis stabilitas kapal menggunakan
Maxsurf Stability Software yang sesuai ketentuan IMO code on Intact stability A.749 (18),
Ch 3-design criteria applicable to all ships. Dari hasil analisis stabilitas kapal pada di tiap
kondisi secara keseluruhan sudah memenuhi kriteria dan untuk perbandingan nilai
maximum GZ mengalami perubahan dari 0,423 m menjadi 0,627 m pada kondisi full draft.
Sedangkan dengan perhitungan analisis olah gerak kapal menggunakan Maxsurf Motion
Software untuk memperhatikan respon gerak heaving, rolling, dan pitching kapal pada saat
kondisi kapal muatan penuh. Dari hasil perbandingan analisis olah gerak kapal pada
ketinggian gelombang 1,875 m dan periode 8,8 s didapatkan nilai perbandingan RMS Roll
paling tinggi terdapat pada sudut 45 deg yaitu 5,88 deg menjadi 5,47 deg, sedangkan nilai
perbandingan RMS Pitch paling besar terdapat pada sudut 90 deg yaitu 1,73 deg menjadi 1,7 deg.
Untuk hasil perbandingan kapasitas ruang muat tidak terjadi perubahan.
Kata kunci :
Kapal Ikan, Stabilitas, Hambatan, Dan Olah Gerak