DETAIL DOCUMENT
Analisis Perbandingan Performa Desain Kapal Angkut Ikan 300 GT dengan Menggunakan Variasi Bentuk Lambung Konvensional dan Pelat Datar
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Kalimantan
Author
Maydiningrum, Amrina Rosyada
Subject
V Naval Science (General) 
Datestamp
2021-08-02 06:10:05 
Abstract :
Kapal ikan tradisional di Indonesia memiliki beragam bentuk lambung kapal sesuai dengan perairan daerah tersebut. Pembangunan kapal ikan tradisional dilakukan dengan acuan turun temurun menggunakan metode Hand Lay-Up. Di Era perkembangan teknologi, adanya inovasi dalam desain dan pembangunan kapal dengan bentuk lambung pelat datar menjadikan ini sebagai solusi dari segi efesiensi dan produktivitas kapal ±40% dibandingkan dengan pembangunan kapal ikan tradisional yang memiliki bentuk lambung konvensional. Selain sebagai solusi dari segi produksi, dalam teknis pembuatan desain lambung kapal ini memiliki pengaruh dari segi performa kapal. Maka dari itu perlu dilakukan analisis performa kapal untuk mengetahui pengaruh performa kapal terhadap perubahan bentuk lambung kapal. Pada penelitian ini, penulis mencoba untuk membuat variasi bentuk lambung kapal pelat datar yang mengacu pada kapal angkut ikan 300 GT sebagai desain aslinya. Kemudian akan dibandingkan nilai performa kapal yang meliputi stabilitas, hambatan, dan olah gerak kapal serta kapasitas ruang muat. Untuk perhitungan analisis hambatan kapal menggunakan Maxsurf Resistance Software dengan metode Holtrop. Dari hasil perbandingan analisis hambatan kapal mengalami penurunan setelah dimodifikasi yakni 42,6 kN menjadi 34,9 kN pada kecepatan dinas 9 knot. Untuk perhitungan analisis stabilitas kapal menggunakan Maxsurf Stability Software yang sesuai ketentuan IMO code on Intact stability A.749 (18), Ch 3-design criteria applicable to all ships. Dari hasil analisis stabilitas kapal pada di tiap kondisi secara keseluruhan sudah memenuhi kriteria dan untuk perbandingan nilai maximum GZ mengalami perubahan dari 0,423 m menjadi 0,627 m pada kondisi full draft. Sedangkan dengan perhitungan analisis olah gerak kapal menggunakan Maxsurf Motion Software untuk memperhatikan respon gerak heaving, rolling, dan pitching kapal pada saat kondisi kapal muatan penuh. Dari hasil perbandingan analisis olah gerak kapal pada ketinggian gelombang 1,875 m dan periode 8,8 s didapatkan nilai perbandingan RMS Roll paling tinggi terdapat pada sudut 45 deg yaitu 5,88 deg menjadi 5,47 deg, sedangkan nilai perbandingan RMS Pitch paling besar terdapat pada sudut 90 deg yaitu 1,73 deg menjadi 1,7 deg. Untuk hasil perbandingan kapasitas ruang muat tidak terjadi perubahan. Kata kunci : Kapal Ikan, Stabilitas, Hambatan, Dan Olah Gerak 
Institution Info

Institut Teknologi Kalimantan