DETAIL DOCUMENT
Analisis Tubrukan Pada Lambung Kapal Self Propelled Oil Barge (SPOB) 3500 DWT Dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Kalimantan
Author
Yani, Ratna Septati
Subject
V Naval Science (General) 
Datestamp
2021-08-03 03:34:28 
Abstract :
Impact ialah tumbukan antara dua benda dengan gaya yang besar dalam waktu yang singkat. Penelitian yang dilakukan saat terjadinya tubrukan pada lambung dikapal SPOB 3500 DWT yang memanfaatkan metode elemen hingga pada software Ansys Explicit Dynamics. Dalam penelitian tersebut dipakai dua variasi model ialah ketika tubrukan terjadi dimana jetty yang tanpa dilengkapi oleh fender serta jetty yang dilengkapi oleh fender. Menggunakan plat dengan ketebalan pelat sebesar 10 mm, dan pada variasi kecepatan di 0.5 m/s 1 m/s dan 2 m/s. Menggunakan aplikasi berbasis elemen hingga untuk mengetahui kerusakan berdasarkan nilai deformasi pada badan kapal SPOB 3500 DWT ketika menubruk jetty dan kerusakan lambung kapal setelah jetty yang tidak dilengkapi fender dan yang dilengkapi fender pada variasi kecepatan. Nilai gaya yang telah dihitung dengan kecepatan 0.5 m/s, 1m/s dan 2m/s berurutan sebesar 3.52 MN, 7.04 MN, dan 14.07 MN. Dengan nilai deformasi pada model kapal menubruk jetty yang tanpa dilengkapi oleh fender yang dihitung dengan kecepatan di 0.5 m/s, 1m/s dan 2m/s berurutan sebesar 0.53011 mm, 1.0594 mm, dan 2.1184 mm. Dan nilai deformasi pada model kapal menubruk jetty yang dilengkapi fender yang dihitung dengan kecepatan 0.5 m/s, 1m/s dan 2m/s berurutan sebesar 0.36511 mm, 0.7357 mm, dan 1.4939 mm. 
Institution Info

Institut Teknologi Kalimantan