DETAIL DOCUMENT
Strategi pada PT. Kaltim Kariangau Terminal untuk Memperbaiki Dwelling Time Menggunakan Metode Balanced Scorecard
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Kalimantan
Author
Ramadani, Renavita
Subject
V Naval Science (General) 
Datestamp
2021-08-03 09:13:42 
Abstract :
Pelabuhan PT. Kaltim Kariangau Terminal memiliki tingkat mobilisasi bongkar muat tertinggi kedua dari pelabuhan utama di Indonesia. Tercatat dari data statistik arus Peti kemas PT. Kaltim Kariangau Terminal mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal tersebut dapat mempengaruhi performa atau kinerja pelayanan pada PT. Kaltim Kariangau Terminal. Performa atau kinerja pelabuhan secara internasional dalam memberikan pelayanan diukur melalui indikator Dwelling Time. Dwelling Time adalah waktu yang dihitung mulai dari suatu Peti kemas dibongkar dan diangkat dari kapal sampai Peti kemas tersebut meninggalkan terminal pelabuhan melalui pintu utama. Dwelling Time pada PT. Kaltim Kariangau Terminal masih tergolong tinggi, yakni 7 hari. Oleh karena itu, perlu dilakukan perencanaan strategi untuk memperbaiki Dwelling Time sehingga dapat mendongkrak kinerja pelabuhan di masa yang akan datang serta berjalan dengan lancar dan optimal. Salah satu metode yang akan digunakan yaitu Balanced Scorecard. Berdasarkan hasil identifikasi Faktor internal terjadinya Dwelling Time pada PT. Kaltim Kariangau Terminal, dapat dilihat kekuatan yang dimilki dan kelemahan yang dimiliki. Serta identifikasi faktor eksternal terjadinya Dwelling Time pada PT. Kaltim Kariangau Terminal dapat dilihat peluang yang dimiliki dan ancaman yang dihadapi. Berdasarkan hasil identifikasi faktor eksternal dan internal diketahui empat tipe strategi yang terangkum dalam Matriks SWOT, dan diketahui strategi yang dapat dilakukan oleh PT. Kaltim Kariangau Terminal untuk memperbaiki Dwelling Time. Adapun penerapan strategi pada perusahaan PT. Kaltim Kariangau Terminal dengan metode Balanced Scorecard untuk memperbaiki Dwelling Time yang terbagi atas empat perspektif serta sasaran strategis yang akan dicapai terdiri dari: Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Internal, dan Perspektif Pemebelajaran dan Pertumbuhan. Kata kunci: Balanced Scorecard, Dwelling Time, Strategi. 
Institution Info

Institut Teknologi Kalimantan