DETAIL DOCUMENT
Simulasi Numerik Pengaruh Diameter Service Hole terhadap Ketahanan Prestressed Concrete Sleeper Rel Kereta Angkut
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Kalimantan
Author
Kentjana, Muhammad Gilang
Subject
T Technology (General) 
Datestamp
2021-08-03 03:32:15 
Abstract :
Dari berbagai metode transportasi, diperlukan metode yang dapat memenuhi kebutuhan industri dari segi efisiensi waktu dan biaya, serta efektivitas dalam rantai logistik secara keseluruhan. Penggunaan kereta api sebagai transportasi kargo memiliki efisiensi lebih tinggi bila dilihat dari segi konsumsi energi per berat dan jarak yang ditempuh bila dibandingkan dengan metode transportasi yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban impact serta variasi diameter service hole terhadap ketahanan sleeper rel kereta. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut ialah simulasi menggunakan software Computer Aided Engineering (CAE) dengan Finite Element Method (FEM) terhadap struktur sleeper. Variasi diameter service hole yang digunakan adalah 20mm, 22mm, 24mm, 26mm, 28mm dan 30mm. Hasil data yang diperoleh dari simulasi berupa nilai tegangan, load dan displacement. Nilai tegangan maksimum pada keseluruhan sistem adalah 1860MPa. Nilai load maksimum adalah 359,9kN terdapat pada diameter service hole 20mm. Nilai displacement maksimum sebesar 22,876mm pada titik A, dan 22,681mm pada titik B pada diameter service hole 30mm. Grafik load menunjukkan bahwa seiring dengan meningkatnya diameter service hole vertikal, maka beban yang dapat diterima oleh sleeper sebelum sleeper tersebut terjadi kegagalan akan semakin menurun, sehingga pembuatan service hole vertikal pada sleeper harus menjadi poin pertimbangan, karena dapat menurunkan tingkat ketahanan sleeper. Kata kunci: CAE, FEM, prestressed concrete sleeper, service hole 
Institution Info

Institut Teknologi Kalimantan