Institusion
Institut Teknologi Kalimantan
Author
Kentjana, Muhammad Gilang
Subject
T Technology (General)
Datestamp
2021-08-03 03:32:15
Abstract :
Dari berbagai metode transportasi, diperlukan metode yang dapat memenuhi kebutuhan industri
dari segi efisiensi waktu dan biaya, serta efektivitas dalam rantai logistik secara keseluruhan.
Penggunaan kereta api sebagai transportasi kargo memiliki efisiensi lebih tinggi bila dilihat
dari segi konsumsi energi per berat dan jarak yang ditempuh bila dibandingkan dengan metode
transportasi yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban impact
serta variasi diameter service hole terhadap ketahanan sleeper rel kereta. Metode
yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut ialah simulasi menggunakan software Computer Aided
Engineering (CAE) dengan Finite Element Method (FEM) terhadap struktur sleeper. Variasi
diameter service hole yang digunakan adalah 20mm, 22mm, 24mm, 26mm, 28mm dan 30mm. Hasil data
yang diperoleh dari simulasi berupa nilai tegangan, load dan displacement. Nilai tegangan maksimum
pada keseluruhan sistem adalah 1860MPa. Nilai load maksimum adalah 359,9kN terdapat pada diameter
service hole 20mm. Nilai displacement maksimum sebesar 22,876mm pada titik A, dan 22,681mm pada
titik B pada diameter service hole 30mm. Grafik load menunjukkan bahwa seiring dengan
meningkatnya diameter service hole vertikal, maka beban yang dapat diterima oleh sleeper sebelum
sleeper tersebut terjadi kegagalan akan semakin menurun, sehingga pembuatan service hole vertikal
pada sleeper harus menjadi poin pertimbangan, karena dapat menurunkan tingkat ketahanan sleeper.
Kata kunci: CAE, FEM, prestressed concrete sleeper, service hole