Analisis Stabilitas Kebocoran pada Kapal SPOB 4650 KL (Self-Propelled Oil Barge) Dengan Menggunakan Metode Probabilistik Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Kalimantan
Author
Dwiandi, Bagja Nugraha
Subject
V Naval Science (General)
Datestamp
2021-08-03 07:17:24
Abstract :
Pada Kapal SPOB terdapat banyak sekali tangki ? tangki yang memiliki fungsi
untuk menampung minyak yang nantinya akan didistribusikan. Semakin banyaknya
tangki juga harus dapat diperhatikan keselamatannya terutama terkait tentang
kebocoran tangki. Adapun perhitungan damage stability dilakukan pada tahap akhir
dari proses desain dan saat itulah desainer dapat memastikan apakah kapal memiliki
stabilitas yang memadai untuk memenuhi peraturan stabilitas kerusakan. Tujuan
dari penelitian ini adalah mengetahui hasil analisis Damage Stability kapal SPOB
4650 KL apakah telah memenuhi kriteria dari SOLAS chapter II-1 Part B-1 tentang
Subdivision and Damage Stability for Cargo Ship dengan menggunakan metode
damage probabilistic. Pada penelitian ini terdapat 8 zona kebocoran, 2 sekat
memanjang serta 2 deck pada zona kebocoran. Penelitian ini menggunakan bantuan
perangkat Maxsurf Modeler untuk desain 3 dimensi dan Maxsurf Stability untuk
menganalisis stabilitas kebocoran. Hasil dari penelitian diperoleh nilai indeks A
sebesar 0.999782 dan indeks R sebesar 0.4209 sehingga memenuhi kriteria SOLAS
(A?R). Adapun jumlah maksimum zona kebocoran pada kapal ini yaitu 3
kompartemen.