DETAIL DOCUMENT
Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Air Bersih di Kecamamatan Sepaku
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Kalimantan
Author
Lutfhiani, Khairiyah Trista
Subject
AI Indexes (General) 
Datestamp
2022-02-02 08:06:51 
Abstract :
Berdasarkan Rencana Induk Sistem Penyediaan Air Minum Kabupaten Penajam Paser Utara Tahun 2016-2035, penyediaan air bersih di wilayah Kecamatan Sepaku telah termasuk ke dalam Perumda Air Minum Danum Taka unit Sepaku yang saat ini cakupan pelayanan nya baru menjangkau 2 desa. Secara faktual, pelayanan melalui jaringan PDAM di Kecamatan Sepaku masih terbatas, hingga tahun 2021 cakupan pelayanan hanya mencapai 5% dari jumlah penduduk di Kecamatan Sepaku. Produksi air bersih yang didistribusikan PDAM baru sekitar 16 jam/hari, tidak jarang air yang dialirkan juga tidak selalu jernih. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat sebagai pengguna jasa Perumda Air Minum Danum Taka Unit Sepaku. Dimana kepuasan masyarakat merupakan hal yang sangat penting dalam organisasi pemerintahan, instansi maupun swasta dalam menentukan dan mempertahankan kualitas pelayanan. Oleh sebab itu perlu diketahui seberapa jauh tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. Untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat, digunakan 2 sasaran yakni menganalisis faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan air bersih di Kecamatan Sepaku melalui analisis deskriptif kuantitatif yakni metode skoring dan menganalisis tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan air bersih di Kecamatan Sepaku menggunakan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil dari analisis ini berupa tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan air bersih oleh PDAM di Kecamatan Sepaku. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan terdapat 12 variabel yang mempengaruhi tingkat kepuasan masyarakat dalam pelayanan air bersih di Kecamatan Sepaku. Sedangkan, tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan air bersih di Kecamatan Sepaku termasuk dalam kategori belum memuaskan dengan nilai 98,45% dibawah 100%. Kata Kunci : Kepuasan, pelayanan, air bersih 
Institution Info

Institut Teknologi Kalimantan