DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENGARUH STABILITAS KAPAL DAN OLAH GERAK KAPAL TERHADAP DESAIN BILGE KEEL
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Kalimantan
Author
Syamtah, Randy Ramadhan
Subject
T Technology (General) 
Datestamp
2022-05-19 01:23:23 
Abstract :
Dalam mendesain sebuah kapal, banyak hal yang harus diperhitungkan dan di analisa salah satunya adalah analisa stabilitas kapal dan olah gerak kapal. Dalam penelitian ini, dilakukan analisisis stabilitas kapal dan olah gerak kapal pada kapal ferry roro tanpa bilge keel dan dengan bilge keel yang ukurannya bervariasi, dengan tiga kondisi pemuatan. Untuk analisa stabillitas pada pemuatan 0% DWT nilai GZ tertinggi pada kapal dengan bilge keel ½ L kapal yaitu 2,07 m, serta nilai GM awal yaitu 6,469 m. Untuk 50% DWT, nilai GZ tertinggi pada kapal dengan bilge keel ½ L kapal yaitu 1,89 m, serta nilai GM awal yaitu 5,717 m. Untuk 100% DWT, nilai GZ tertinggi pada model kapal dengan bilge keel ½ L kapal yaitu 1,881 m, serta nilai GM awal yaitu 5,115 m. Untuk analisa olah gerak kapal, pada kondisi 0% DWT pitch motion tertinggi pada kapal dengan bilge keel ½ L kapal yaitu 0,176° di heading 0°, heave motion tertinggi pada kapal dengan bilge keel ½ L kapal yaitu 0,027 m di heading 0°, dan nilai roll motion tertinggi pada kapal tanpa bilge keel yaitu 4,16° pada heading 90°. Pada kondisi 50% DWT nilai pitch motion tertinggi pada kapal tanpa bilge keel yaitu 0,165° di heading 0°, heave motion tertinggi pada kapal tanpa bilge keel yaitu 0,022 m di heading 0°, dan nilai roll motion tertinggi pada kapal tanpa bilge keel yaitu 4,124° pada sudut 90°. Pada kondisi 100% DWT nilai pitch motion tertinggi pada kapal tanpa bilge keel yaitu 0,145° di heading 0°, heave motion tertinggi pada kapal dengan bilge keel ½ L kapal yaitu 0,029 m di heading 0°, dan nilai roll motion tertinggi pada kapal dengan bilge keel 1/3 L kapal yaitu 4,079 ° pada heading 90°. 
Institution Info

Institut Teknologi Kalimantan