Institusion
Institut Teknologi Kalimantan
Author
Pangaribuan, Enjellia Priscilla Br.
Subject
T Technology (General)
Datestamp
2022-05-19 00:37:18
Abstract :
Technical support mengacu pada layanan untuk membantu pengguna
menyelesaikan masalahnya terhadap produk atau layanan TI. Organisasi dapat
menggunakan sistem helpdesk untuk memaksimalkan layanan technical support.
Institut Teknologi Kalimantan (ITK) sebagai organisasi penyelenggara perguruan
tinggi terus melakukan inovasi guna meningkatkan pelayanannya. Unit pelaksana
teknis teknologi informasi dan komunikasi (UPT TIK) merupakan unit yang
bertanggungjawab dalam melaksanakan, mengembangkan dan mengelola layanan
teknologi, komunikasi dan sistem informasi. Layanan technical support UPT TIK
ITK saat ini dilakukan melalui email dan kontak pribadi petugas sehingga informasi
tertumpuk pada email dan tidak terdokumentasi dengan rapi. Untuk itu, UPT TIK
ITK membutuhkan sistem manajemen helpdesk yang mampu mendokumentasikan
keluhan serta serta menyediakan referensi informasi. Sistem pentiketan ini diberi
nama ITK IT Support. ITK IT Support dibangun menggunakan software osTicket.
osTicket adalah aplikasi manajemen aduan yang bersifat open-source. Metode yang
diadopsi dalam penelitian ini adalah reuse-based software engineering yang
merupakan pendekatan pengembangan software dengan memaksimalkan
penggunaan kembali software yang sudah ada. Penelitian ini dilasanakan dengan
tahapan studi literatur, identifikasi masalah, requirements specification, selection
and procurement, system design, development and integration, system validation,
training serta kesimpulan dan saran. Hasil dari penelitian ini adalah telah dilakukan
perancangan dan implementasi helpdesk ticketing sistem ITK IT Support
menggunakan metode reuse-based software engineering. Telah dilakukan
pengujian dan hasilnya helpdesk ticketing sistem yang telah diimplementasi telah
sesuai dengan kebutuhan UPT TIK Institut Teknologi Kalimantan.
Kata kunci:
Helpdesk, ITK IT Support, osTicket, Reuse-Based Software Engineering, UPT TIK