Abstract :
ABSTRAK
Kemajuan teknologi digital dalam pemerintahan melahirkan mekanisme
baru yang umumnya dikenal sebagai e-government. Sebagai bentuk dari
perwujudan e-government, DISDIKBUD (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan)
Kota Balikpapan menggunakan website sebagai media publikasi informasi dan
dokumentasi serta sebagai salah satu usaha dalam meningkatkan mutu layanan
masyarakat. Saat ini ditemukan beberapa masalah pada website DISDIKBUD
Kota Balikpapan. Diantaranya adalah tampilan halaman utama yang terpotong
saat ukuran browser dikecilkan, tidak bisa membedakan link yang terhubung
dengan website luar, tata letak yang kurang beraturan dan kurang terorganisir.
Untuk itu dilakukan perancangan perbaikan tampilan antarmuka dengan metode
heuristic evaluation. Evaluasi dilakukan dalam 2 tahap, pertama untuk
menemukan masalah pada kondisi website saat ini dan kedua untuk menemukan
masalah pada desain prototipe sebagai solusi mengatasi masalah yang ditemukan
di tahap 1. Hasil evaluasi di dapatkan bahwa terdapat perbaikan pada 3 variabel
dengan tingkat prioritas tinggi dan 7 variabel dengan tingkat harus diperbaiki.
Serta dihasilkan 7 perbaikan tampilan website yaitu tampilan halaman utama yang
terdiri dari halaman utama dengan ukuran laman penuh dan ukuran laman kecil,
tampilan share, tampilan halaman berita dan pengumuman, tampilan informasi
tambahan, tampilan breadcrumbs dan tampilan pesan eror.
.
Kata kunci:
Usability, Heuristic Evaluation, Website