Abstract :
ABSTRAK
Bengkel adalah tempat yang mampu melakukan perawatan dan reparasi
pada kendaraan. Bengkel yang memiliki kriteria baik adalah bengkel yang mampu
memberikan kepuasan dari jasa pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Salah
satunya adalah dengan menerapkan sistem informasi. CV. Indrajaya saat ini belum
menerapkan sistem informasi untuk menunjang kegiatan reparasi mobil. CV.
Indrajaya masih menggunakan proses manual untuk mengelola data reparasi
pelanggan. Pengelolaan ketersediaan panel body di bagian gudang CV. Indrajaya
mengalami permasalahan yaitu terjadi kekeliruan pada stok panel body. Selain itu,
pengelolaan laporan reparasi masih menggunakan cara manual yaitu hanya
disimpan dalam bindex. Oleh karena itu, pada penelitian ini dilakukan rancang
bangun sistem informasi reparasi mobil berbasis website sebagai solusi untuk
menunjang proses bisnis reparasi mobil dan mengelola data penting terkait reparasi
mobil CV. Indrajaya. Pada penelitian ini menggunakan metode pengembangan
spiral model. Tahapan-tahapan yang dilakukan adalah komunikasi pelanggan,
perencanaan sistem, analisis risiko, perekayasaan sistem, konstruksi sistem, dan
evaluasi pelanggan. Sistem ini dikembangkan dengan menggunakan framework
CodeIgniter. Sistem ini berhasil menyelesaikan implementasi functional
requirement dengan total 14 use case. Berdasarkan hasil survei kepuasan pengguna,
sistem yang dihasilkan dapat memberikan kemudahan dalam proses mengelola data
terkait reparasi mobil di CV. Indrajaya dibuktikan dengan presentase tertinggi yaitu
86.7% responden yang menyatakan sangat setuju. Hasil yang diperoleh berupa
sistem informasi reparasi mobil berbasis website yang telah disetujui oleh pihak
CV. Indrajaya.
Kata kunci: CodeIgniter, Sistem Informasi Reparasi Mobil, Spiral.