Abstract :
ANALISIS PERFORMA BATERAI LITHIUM-ION DAN
LiFePO4 PADA MOBIL LISTRIK ENGGANG EVO 3 DENGAN
LINTASAN LURUS DAN LINTASAN TANJAK
Nama Mahasiswa : Ciptoadi
NIM : 03161019
Dosen Pembimbing Utama : Illa Rizianiza, S.T., M.T.
Dosen Pembimbing Pendamping : Faisal Manta, S.T., M.T.
ABSTRAK
Pengembangan mobil listrik di Indonesia telah berkembang sangat pesat.
Penelitian-penelitian sudah banyak dilakukan pada mobil listrik, yang bertujuan
untuk menciptakan mobil listrik yang memiliki banyak fitur yang modern dan
berbagai macam bentuk. Institut Teknologi Kalimantan sudah memulai
pengembangan mobil listrik dan berhasil mengikuti perlombaan KMLI pada tahun
2019 dengan mobil listrik Enggang Evo3. Setiap tahunnya dilakukan
pengembangan pada mobil untuk memaksimalkan performa mobil disetiap
perlombaan. Baterai yang digunakan mobil listrik Enggang setiap tahunnya juga
mengalami perubahan. Tahun 2018 mobil Enggang Evo2 mengalami kegagalan
yakni motor listrik yang digunakan terbakar saat proses kualifikasi. Baterai yang
digunakan memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Hal itu akan mempengaruhi
performa mobil pada masing-masing kategori perlombaan, terutama pada kategori
lintasan tanjak dan akselerasi. Variasi yang digunakan pada penelitian adalah jenis
baterai Lithium-ion dan baterai LiFePO4. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa
baterai Lithium-ion lebih cocok saat digunakan pada lintasan tanjak dengan ratarata
waktu tempuh 19,26s dan nilai rata-rata kecepatan 9,32 km/jam, sedangkan
untuk kategori lintasan lurus LiFePO4 lebih cocok digunakan saat lintasan lurus
dengan rata-rata waktu tempuh 8,94s dan nilai rata-rata kecepatan 20,12 km/jam.
Hal ini disebabkan dari masing-masing baterai memiliki karakteristik yang
berbeda-beda.
Kata kunci : Baterai, Lintasan, Mobil Listrik, Waktu Tempuh