Institusion
Universitas Kristen Maranatha
Author
Riyani , Kristin ( 1751027 )
Subject
H Social Sciences (General)
Datestamp
2022-10-27 04:40:04
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan terhadap manajemen laba dengan pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabel intervening pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2015-2019. Ukuran perusahaan mampu memberikan pengaruh terhadap manajemen laba, sedangkan corporate social responsibility mampu memediasi pengaruh antara ukuran perusahaan terhadap manajemen laba. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder yang diperoleh dari annual report. Sampel penelitian sebanyak 14 perusahaan, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan mediation regression analysis (MRA). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori keagenan, teori legitimasi, dan teori stakeholder. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility, ukuran perusahaan berpengaruh terhadap manajemen laba, pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh terhadap manajemen laba, adapun pengungkapan corporate social responsibility mampu memediasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap manajemen laba. Penelitian ini diharapkan dapat memberi pemahaman agar perusahaan dapat meminimalkan praktik manajemen laba, karena hal tersebut dapat membuat citra manajer menjadi buruk dan nilai perusahaan menjadi turun.