Abstract :
Melihat permasalahan yang terjadi pada anak-anak di Indonesia saat ini adalah
semakin meningkatnya tindakan negatif pada anak akibat media visual, khususnya
televisi. Semakin hari, tayangan televisi di Indonesia semakin tidak berbobot.
Tayangan televisi yang ada hanya menampilkan faktor negatif saja sedangkan anak-
anak sendiri sesuai dengan perkembangannya membutuhkan faktor positif dari
lingkungan di sekitar mereka.
Kurangnya peranan orang tua dalam mengawasi tayangan yang ditonton anak-anak
menjadi salah satu faktor penyebab utama anak-anak meniru tayangan negatif dalam
televisi. Seharusnya orang tua bersedia meluangkan waktu serta selektif ketika
memilih tayangan televisi yang pantas ditonton oleh anaknya.
Melalui perancangan Desain Komunikasi Visual Iklan Layanan Masyarakat ini,
penulis ingin merancang sebuah perencanaan Desain Komunikasi Visual sehingga
memotivasi orang tua untuk lebih meluangkan waktunya untuk menemani anak-anak
mereka dalam menonton televisi.